Hakikat model pembelajaran

A. Hakikat Model Pembelajaran

   Hasil gambar untuk model pembelajaran (gambar)Mills, berpedapat bahwa “ model adalah bentuk representasi akurat sebagai proses aktual yang memungkinkan seseorang atau sekelompok orang mencoba bertindak berdasarkan model itu,”. Model merupakan interprestasi terhadap hasil observasi dan pengukuran yang diperoleh dari beberapa sistem. Model pembelajaran dapat diartikan pola yang digunakan untuk menyusun kurikulum, mengatur materi, dan memberi petunjuk kepada guru di kelas. 
  Gambar terkaitModel pembelajaran ialah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas maupun tutorial.  Menurut Arend, model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan termasuk didalam tujuan-tujuan pembelajarann,tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Model pembelajaran dapat didefinisikan sebagai kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar.
   Adapun soekamto mengemukakan maksud dari model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar.
Dari beberapa pendapat di atas tentang hakikat model pembelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang berupa pola digunakan sebagai pedoman oleh perancang pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif seperti yang telah ditetapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar