KONSEP MODEL PENGEMBANGAN

     Menurut Sudjana (Al-Tabany, 2014:221) untuk melaksanakan pengembangan perangkat pengajaran diperlukan model pengembangan yang sesuai dengan sistem pendidikan. Dalam pengembangan perangkat pembelajaran dikenal tiga macam model pengembangan perangkat, yaitu model Dick-Carey, model Four-D, dan model Kemp. 
     Secara umum setiap model terdiri atas empat tahap : 
1. Tahap pendefenisian (define) yaitu tahapan yang bertujuan untuk menentukan dan mendefenisikan kebutuhan pembelajaran.
2. Tahap perancangan (design) yaitu perancangan prototipe perangkat pembelajaran
3. Tahap pengembangan (develop) yaitu bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran
4. Tahap penyebaran (disseminate) yaitu tahap penggunaan perangkat yang dikembangkan.

A. MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Model pengembangan Sistem Pembelajaran Menurut Kemp
    Menurut Kemp (Al-Thabany, 2014 : 222) penembangan perangkat merupakan suatu lingkaran yang kontinum. Tiap-tiap langkah pengembangan berhubungan langsung dengan aktivitas revisi. Pengembangan perangkat dapat dimulai dari titik mana pun di dalam siklus tersebut. 

    Pengembangan perangkat model Kemp memberi kesempatan kepada para pengembang untuk dapat memulai dari komponen mana pun. Namun karena kurikulum yang berlaku secara nasional di Indonesia dan berorientasi pada tujuan, maka seyogianya proses pengembangan itu dimulai dari tujuan. Unsur-unsur pengembangan perangkat pembelajaran menurut Model Kemp meliputi :
a. Identifikasi Masalah Pembelajaran
b. Analisis Siswa
c. Analisis Tugas
d. Merumuskan Indikator 
e. Penyusunan Instrumen Evaluasi
f. Strategi Pembelajaran




Tidak ada komentar:

Posting Komentar